Rabu, 15 Mei 2013

Back Button Focusing Untuk Autofokus Yang Akurat


Oke sekedar pengantar dulu. Secara standar, cara kita mengunci fokus adalah dengan memencet tombol shutter separuh. Namun sebenarnya ada satu fitur yang sering dimanfaatkan fotografer pro dengan memanfaatkan tombol AF-ON atau (*) tadi, biasanya dinamai “back button focus”.
Back button autofokus

Apa itu back button focus ?

Back button focus adalah fitu autotokus dengan memanfaatkan tombol tertentu dibagian belakang kamera, biasanya adalah tombol AF-ON atau (*) dan biasanya dipencet dengan jempol kanan. Kalau di belakang kamera DSLR anda ada tombol dengan tulisan AF-ON atau tanda asterik (*), maka teknik ini bisa dipakai secara langsung. Kalau tidak bisa diaktifkan dari pengaturan menu kamera.

Kenapa harus back button focus ?

Back button focus terutama bermanfaat saat kita menggunakan mode autofokus continuous atau tracking. Dalam mode continuous ini dengan memanfaatkan back button focusing, kita bisa membebaskan tombol shutter dari kewajiban mengunci fokus. Ingat, saat dalam mode continuous, seringkali maksud hati ingin mengunci fokus namun yang terjadi malah shutter terpencet penuh sehingga kamera mengambil exposure.
Keuntungan utama autofokus dengan tombol AF-ON atau (*) adalah bahwa kita tidak perlu lagi memencet tombol shutter separuh. Cukup dengan menekan tombol AF-ON dengan jempol agar autofokus mulai mengunci lalu tracking mengikuti obyek bergerak. Saat ingin mengambil foto, tinggal kita pencet tombol shutter penuh tanpa melepas tombol AF-ON atau (*). Dalam artikel mendatang kita akan bahas secara menyeluruh, apa saja keuntungan teknik ini.

Bagaimana cara menggunakan back button focus di kamera DSLR ?

Tidak semua kamera DSLR memiliki tombol AF-ON atau *, namun kalaupun kedua tombol ini tidak tersedia kita bisa mengaktifkannya melalui pengaturan di menu. Sekedar contoh, berikut cara mengaktifkan tombol AF-ON di kamera DSLR Canon:
  1. Posisikan mode operasi di “creative zone”: program mode – P, Aperture Priority – Av atau Shutter Priority – Tv atau Manual – M agar kita bisa masuk ke Custom Function.
  2. Pencet tombol Menu lalu gunakan Main Dial untuk memilih custom functions, lalu pilih Operations/Others, pencet Set. Nomor functions disini bisa berbeda-beda tergantung jenis kamera. Di Canon 60D misalnya anda pilih C. Fn IV-1 sementara di 550D pilihannya adalah C. Fn 9. (Cek manual kamera anda).
  3. Ini akan membuka Custom Functions: Shutter Button/AF-ON Button. Untuk mengaktifkan back button focus, pilih AE-Lock/Metering+AF Start lalu pencet Set.
  4. Back button focus sekarang sudah bisa dipakai.
Oke selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar